ANALISIS KOMPARATIF PELAYANAN PUBLIK DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN PADA KAWASAN WISATA GUNUNG BROMO DAN WISATA PUSAT LAUT KOTA PALU

Authors

  • Moh Farel Universitas Tadulako Author

DOI:

https://doi.org/10.55100/paradigma.v4i2.85

Keywords:

Pelayanan Publik, Analisis Komparatif, Gunung Bromo, Pusat Laut Palu, Kualitas Pelayanan

Abstract

Pelayanan publik berperan penting dalam mendukung kualitas pariwisata, mulai dari layanan bandara dan fasilitas hotel hingga tata kelola kawasan pariwisata. Studi ini membandingkan kualitas layanan publik dan pengelolaan lingkungan di Gunung Bromo di Jawa Timur dan Pusat Laut Palu, serta mengkaji layanan pendukung di Bandara Palu, Bandara Juanda di Surabaya, dan hotel tempat tamu menginap. Analisis didasarkan pada indikator standar layanan, kenyamanan fasilitas, akses informasi, etika staf, dan kepuasan pengunjung, serta aspek kebersihan, mitigasi bencana, dan manajemen pedagang Kecil. Hasilnya menunjukkan bahwa Gunung Bromo dan Bandara Juanda memiliki layanan yang lebih terstruktur dan modern, sementara Pusat Laut Palu dan Bandara Palu masih memerlukan peningkatan fasilitas dan konsistensi standar layanan. Temuan studi ini memberikan masukan bagi pengelola pariwisata untuk meningkatkan kualitas layanan dan manajemen destinasi berkelanjutan

Downloads

Published

2025-11-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Farel, M. (2025) “ANALISIS KOMPARATIF PELAYANAN PUBLIK DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN PADA KAWASAN WISATA GUNUNG BROMO DAN WISATA PUSAT LAUT KOTA PALU”, PARADIGMA : Jurnal Administrasi Publik, 4(2), pp. 125–137. doi:10.55100/paradigma.v4i2.85.