Pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu Di Kantor Kelurahan Tatura Selatan Kecamatan Palu Selatan Kota Palu
DOI:
https://doi.org/10.55100/paradigma.v3i1.61Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, KeadilanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu Di Kantor Kelurahan Tatura Selatan Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Dasar penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Lurah Tatura Selatan, Sekretaris Lurah dan 3 (Tiga) masyarakat pengguna layanan Surat Keterangan Tidak Mampu. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 5 (Lima) orang, dan teknik penentuan informan dilakukan secara purfossive. Teknik pengumpulan data yaitu melalui informan yang disertai dengan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu di Kantor Kelurahan Tatura Selatan Kecamatan Palu Selatan Kota Palu sudah berjalan dengan baik pada aspek kecepatan, ketepatan dan keadilan pelayanan. Dalam hal kecepatan, aparatur di Kantor Kelurahan Tatura Selatan sudah cepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam hal ketepatan pelayanan, ketepatan aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah tepat yang terlihat dari proses pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat. Dalam aspek keadilan pelayanan, pegawai sudah menerapkan keadilan dalam melayani masyarakat yang mana akan melayani masyarakat sesuai dengan urutan kedatangan. Namun dalam aspek kemudahan dalam memberikan pelayanan, terlihat bahwa kemudahan tersebut belum maksimal dirasakan oleh masyarakat pengguna layanan. Hal ini disebabkan adanya prosedur pembuatan surat keterangan tidak mampu yang terkesan berbelit-belit dan dikeluhkan oleh masyarakat selaku pengguna layanan