Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan SIM Di Polresta Kota Palu

Authors

  • Rendy Kurniawan Universitas Tadulako Author
  • Miftah Amalia Universitas Tadulako Author
  • Zakia Mardhatilla Universitas Tadulako Author
  • Mastang Mastang Universitas Tadulako Author
  • Mustainah Mustainah Universitas Tadulako Author
  • Intam Kurnia Universitas Tadulako Author
  • Dandan Haryono Universitas Tadulako Author

DOI:

https://doi.org/10.55100/administrator.v6i2.90

Keywords:

Pelayanan pembuatan SIM, Aplikasi SIM sinar

Abstract

Membahas tentang kualitas pelayanan pembuatan SIM di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fieid reseacrh ( penelitian lapangan ) dengan teknik pengumpulan data berupa trianggulasi data dengan cara pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan keabsahan data yang diperoleh dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Beberapa hasil dari penelitian ini antara lain (1) Dalam proses pembuatan sim, pemohon diberikan kemudahan untuk mendapatkan SIM (2) Bagi masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan sim, polresta palu menyediakan aplikasi SIM sinar untuk membantu mempermudah masyarakat

References

Mardiana, R., & Rahman, A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan SIM. Jurnal Administrasi Publik, 8(2), 123-135.

Mardiana, R., & Rahman, A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan SIM. Jurnal Administrasi Publik, 8(2), 123-135.

Nugroho, A., & Widiastuti, R. (2024). Big Data Analysis in Public Service: Case Study of SIM Issuance. International Journal of Public Administration, 7(2), 102-116.

Oliver, R.L. (1999). Whence Customer Loyalty? Journal of Marketing, 63(Special Issue), 33-44.

Sari, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan SIM. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Publik, 5(1), 45-60.

Sari, R., & Prabowo, H. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembuatan SIM: Analisis Kualitas Pelayanan. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 12(1), 45-58.

Zeithaml, V.A., Parasuraman, A., & Berry, L.L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Free Press.

Downloads

Published

2024-12-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kurniawan, R. (2024) “Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan SIM Di Polresta Kota Palu”, Jurnal ADMINISTRATOR, 6(2), pp. 123–127. doi:10.55100/administrator.v6i2.90.