Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP dan Akta Kelahiran Di Kantor DUKCAPIL Provinsi Sulawesi Tengah Kota Palu
DOI:
https://doi.org/10.55100/administrator.v6i2.91Keywords:
Administrasi Kependudukan, Kualitas Pelayanan, Pelayanan PublikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan di kantor dukcapil provinsi sulawesi tengah kota palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Dinas kependudukan dan pencatatan sipil adalah instansi pemerintah yang bertugas mencatat dan mendaftarkan peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan masyarakat. Fungsi utama dinas kependudukan dan pencatatn sipil adalah memastikan kepastian hukum bagi individu melalui pencatatan sipil yang akurat dan autentik yang berperan penting dalam administrasi kependudukan dan pembangunan sosial. Dinas kependudukan dan pencatatan sipil mengelolah data kependudukan, termaksud menerbitkan dokumen seperti kartu tanda penduduk (ktp) dan akte kelahiran dll. Kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil provinsi yang teletak di jln. Pramuka melayani pembuatan ktp dan akte kelahiran .Dokumen penting yang di keluarkan oleh dukcapil provinsi.ktp berfungsi sebagai identitas resmi bagi warga negara indonesia dan asing yang memiliki izin tingkat sedangkan akte kelahiran mencatat peristiwa kelahiran yang penting untuk status hukum individu
References
Erliati, D. (2019). Jurnal Admnistrasi Publik Dan Bisnis. Kualitas Pelayanan Publik, 1(1), 9-18. https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.3
Irawan, B., Santoso, D., dan Subarno, A. (2022). Pendidikan Administrasi Perkantoran. Kinerja Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kepada Masyarakat, 1-9. https://media.neliti.com/media/publications/116990-ID-kinerja-pelayanan-dinas-kependudukan-dan.pdf
Rinaldi, R. (2012). Jurnal Administrasi Publik. Analisis Kualitas Pelayana Publik (Studi Pada Biro Umum Sekertariat Daerah Provinsi Sumatera Utara), 2(1), 23-34. https://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/view/945/955
Setiawan, F. (2022). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Adninistrasi Negara. Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bariton Selatan, 6(1), 109-121. https://hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kualitas+pelayanan+publik+dukcapil&oq=d=gs_qabs&t=1733230715260&u=%23p%3D_DFXHgnK330J
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riskiyani Riskiyani, Fani Fani, Zulvina, Mustainah Mustainah, Intam Kurnia, Dandan Haryono (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


