Kinerja Pegawai Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kota (Puskesmas) Kota Palu

Authors

  • Rusmawaty BTE Rusdin Universitas Tadulako Author
  • Sigit Kurniawan Universitas Tadulako Author

DOI:

https://doi.org/10.55100/administrator.v4i1.45

Keywords:

Kuantitas Pekerjaan, Kualitas Pekerjaan, Ketepatan Waktu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Pegawai di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kawatuna Kota Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif yaitu penelitian yang menjelaskan secara rinci mengenai Kinerja Pegawai di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kawatuna Kota Palu. Jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik penentuan informan yaitu secara Purposive yaitu peneliti secara sengaja akan memilih orang-orang yang dipandang memahami masalah yang diteliti.Informan dalam penelitian ini adalah berjumlah 5 orang. Penelitian ini menggunakan teori Agus Dharma (2004) dimana ada tiga aspek yang digunakan dalam mengukur Kinerja Pegawai di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kawatuna Kota Palu. Dimana, ketiga indikator tersebut yaitu Kuantitas Pekerjaan, Kualitas Pekerjaan dan Ketepatan Waktu

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Kinerja Pegawai di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kawatuna Kota Palu sudah maksimal. Dilihat dari tiga indikator penilaian Kinerja Pegawai, yang belum tercapai yaitu pada indikator Kualitas Pekerjaan dimana masih ada pasien yang belum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan masih kurang ramah saat melayani pasien yang datang melakukan pemeriksaan kesehatan. Sementara indikator Kuantitas Pekerjaan dan Ketepatan Waktu sudah berjalan dengan baik.

References

Agus Dharma. (2004). Manajemen Supervisi. PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2001). Prosedur Penelitian-Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta Edisi Revisi III.

Fahmi, Irham. (2013) Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Alfabeta, Bandung.

Hartono, B. (2010). Promosi Kesehatan di Puskesmas dan Rumah sakit. Rineka Cipta.

Mangkunegara, & Anwar Prabu. (2010). Evaluasi Kerja Sumber Daya Manusia. PT. Rineka Aditama.

Manullang. (1993). Pengembangan Pegawai. Ghakia Indonesia.

Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja. Rajagrafindo Persada.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 951/Menkes/SK/VI/2000.

Robbi. (2020). PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PULIK DI KANTOR BPJS KESEHATAN CABANG MAKASSAR. 206.

Ummi Masitahsari. (2015). ANALISIS KINERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS JONGAYA MAKASSAR. 127.

Downloads

Published

2022-06-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Rusdin, R.B. and Kurniawan, S. (2022) “Kinerja Pegawai Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kota (Puskesmas) Kota Palu”, Jurnal ADMINISTRATOR : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), pp. 36–49. doi:10.55100/administrator.v4i1.45.