Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi

Authors

  • Nuraisyah Nuraisyah Universitas Tadulako Author
  • M Syukur Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Palu Author
  • Sussanti Sussanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Palu Author

DOI:

https://doi.org/10.55100/administrator.v4i1.46

Keywords:

Partisipasi, Masyarakat, Pembangunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Analisis data mendasarkan teori Ericson yang terdiri dari tiga aspek, yaitu partisipasi dalam tahap perencanaan, partisipasi dalam tahap pelaksanaan dan partisipasi dalam pemanfaata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa partisipasi masyarakat yang ada di Desa Tinggede relatif masih sangat rendah, Faktor penyebab sehingga masyarakat kurang berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan, karena masyarakat belum dilibatkan secara penuh dalam memutuskan kegiatan yang akan dijadikan prioritas untuk diusulkan ke jenjang yang lebih tinggi. Perencanaan belum sepenuhnya mengacuh pada masalah dan kebutuhan masyarakat. Pengetahuan dan pendidikan masyarakat yang relatif masih rendah, serta pekerjaan masyarakat yang banyak menyita waktu yang membuat masyarakat belum maksimal terlibat dan berpartispasi dalam tahap pelaksanaan. Akibat dari rendahnya partisipasi masyarakat untuk memanfaatkan hasil pembangunan sesuai dengan fungsinya sehingga mengakibatkan program hasil pembangunan tersebut mudah rusak. Secara keseluruhan terkait dengan partisipasi masyarakat dalam hal pemanfaatan hasil pembangunan yang dilihat dari pemanfaatan dan pemeliharaan hasil pembangunan disimpulkan belum menunjukkan hasil yang relatif belum maksimal, karena masih terdapat kelompok masyarakat yang kurang memiliki kesadaran dalam menjaga dan memelihara hasil pembangunan meskipun hasil pembangunan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

References

Adisasmita, R. 2006. Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cohen, J.M.N.T, Uphoff. 1980. Rural Devolopment Participation. New York :Ishaca.

Isbandi Rukminto Adi. 2007 Perencanan Partisipatoris Berbasis Asset Komonitas: Dari Pemikiran Menuju Penerapan Fisip UI Press.

Masyuri dan Zainuddin. M. 2009. Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung. Refika Aditama

Mikkelsen Britha 1999 Metode Penelitian Partisipatoris Dan Upaya-Upaya Pemberdayaan: Sebauah Buku Pegangan Bagi Para Praktisi Lapangan Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Slamet, Y. 1994. Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi. Surakarta sebelas maret University Prees.

Soekanto Soerjono. 2003. Peranan Sosiologis Suatu Pengantar. Jakarta. Rajawali Pers.

Surat Edaran Bersama antara Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dan Menteri Dalam Negeri, Nomor 0259/M. PPN/I/2005/050/166/SJ

Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2004. tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Downloads

Published

2022-06-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Nuraisyah, N., Syukur, M. and Sussanti, S. (2022) “Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi”, Jurnal ADMINISTRATOR : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), pp. 50–63. doi:10.55100/administrator.v4i1.46.