Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Di Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala

Authors

  • Nasrullah Nasrullah Universitas Tadulako Author
  • Ade Irma Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Palu Author
  • Jisman Jisman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Palu Author

DOI:

https://doi.org/10.55100/administrator.v4i1.47

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Di Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriktif kualitatif. Teknik penarikan informan dalam penelitian ini adalah secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode analisis kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahwa dari aspek/ dimensi Komunikasi, Disposisi, dan Struktur Birokrasi sudah berjalan dengan baik, namun dalam aspek Sumber Daya  hasilnya masih kurang baik, sehingga penulis berkesimpulan berdasarkan hasil informasi dari informan dan sesuai dengan fakta empirik dilapangan, bahwa pelaksanaan program Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabuapten Donggala sudah cukup baik. Adapun faktor pendukung program tersebut, yaitu terjalinnya komunikasi yang baik antara pelaksana program dengan kelompok sasaran, komitmen serta bertanggung jawab, serta koordinasi yang baik dengan lembaga terkait dalam melaksanakan program tersebut sesusai dengan harapan masyarakat

References

Ahmad, Abu. 2003. Ilmu Sosial Dasar. Rineka Cipta. Jakarta

Aksara. Jakarta

Analysis. Gava Media, Yogyakarta

Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Bungin, Burhan, 2005, Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada

Dwijowijoto, Riant Nugroho, 2003. Kebijakan Publik Formulasi,

Gajah Mada University Press

Group. Jakarta

Implementasi Dan Evaluasi. PT. Gramedia, Jakarta

Implementasi Kebijaksanaan Negara. Penerbit : Bumi Aksara ; Jakarta

Indiahono, Dwiyanto. 2009. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy

Indonesia. Rineka Cipta. Jakarta

Islamy, Irfan. 2004, Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Bina

Jamaluddin, Ahmad, 2015, Metode Penelitian Administrasi Publik, Teori Dan Aplikasi, Gava Media, Yogyakarta.

Moleong L.J, 2001, Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya,

Nasir. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Ndraha, Talidziduhu, 1997, Ilmu Pemerintahan (Kybernology), Bandung;

Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Alfabeta. Bandung

pengelolaan keuangan desa

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2007 tentang pedoman

Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Desa

Program Pascasarjana Ilmu Pemerinahan IIP-Unpad.

Soemitro dan Tjiptoherijanto, 2002, Kemiskinan Dan Ketidakmerataan Di

Subarsono, AG, 2005, Analisis Kebijakan Publik, Konsep, Teori Dan

Sugiono, 2008, Metode Penelitian Administrasi, Alfabet, Bandung

Suharto, Edi, 2007, Kebijakan Sosial (Sebagai Kebijakan Publik),Alfabeta,

Thoha, M, 2017, Ilmu Administrasi Publik Kontemporer, Mdmc

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Van Meter dan Von Horn dalam Djaelangkara Rizali. 2011. Studi Impelemtasi

Wahab, Solihin Abdul, 2008, Analisis Kebijaksanaan : Dari Formulasi Ke

William N. Dunn. 2005, Pengantar Analisis Kebijakan. Edisi ke, Yogyakarta:

Winarno, Budi, 2002, Kebijakan Publik Teori dan Proses, Cetakan I. Yogyakarta: Media Pressindo

Downloads

Published

2022-06-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Nasrullah, N., Irma, A. and Jisman, J. (2022) “Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Di Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala”, Jurnal ADMINISTRATOR : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), pp. 64–74. doi:10.55100/administrator.v4i1.47.