Motivasi Guru Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala
DOI:
https://doi.org/10.55100/administrator.v5i1.61Keywords:
Motivasi, Kebutuhan untuk berprestasi, Kebutuhan akan kekuasaan, Kebutuhan untuk berafiliasiAbstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Motivasi Guru Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini diskriptitf kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam. Lokasi penelitian Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Informan penelitian sebanyak 5 (lima) orang guru dipilih secara purposive. Dengan sumber data observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data model interaktif Miles, and Huberman dalam saldana. Teori yang digunakan adalah teori yang di kemukakan oleh Mc Clelland (siagian 2004 : 167) bahwa ada 3 indikator yaitu kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan afiliasi. Hasil penelitian Motivasi Guru Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala mengalami penurunan di lihat dari segi aspek kebutuhan berprestasi bahwa motivasi guru dalam pembelajaran mengalamin penurunan yang di mana sistem pembelajaran kurang maksimal di masa pandemic covid 19 Para guru tetap berupaya memberikan pembelajaran yang tidak membosankan dan tetap mempertahankan motivasi belajar mengajar dimasa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Guru sudah mengupayakan model pembelajaran yang bervariasi seperti sistem belajar diskusi. Namun kendala yang terjadi adalah tidak semua siswa memiliki fasilitas seperti handphone dan laptop, selain itu juga murid yang kurang memahami sistem belajar online, sehingga motivasi belajar mengajar menjadi menurun
References
Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.
https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/artic le/view/44
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldaña, J. 2014. Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd edition). New York: SAGE Publikations, Inc.
Purwanto, A., Harapan, U. P., & Ekploratif, S. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education,Psychology and Counseling, 2(1), 92–100.
Siagian, Sondang P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Siagian, Sondang P. 2012.Manajemen Sumber Daya Manusia,Bumi Aksara. Jakarta.
Siagian, SP. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya: RINEKA CIPTA
Suciati. (2020). Peningkatan Kreatifitas Dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Improvement of Teacher Creativities and Initiatives Through Online Learning Models in the Covid-19 Pandemic Period. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5, No(1), 79–85.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alifa Raema Widana (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


